fajarnews

Kecamatan Ligung Jadi Lokasi KKNM Mahasiswa UNPAD

Redaksi : Andriyana | Rabu, 6 Januari 2016 | 21:34 WIB

MUNADI
Ratusan mahasiswa UNPAD akan melaksanakan KKNM di 14 desa yang berada di wilayah Kecamatan Ligung Kab. Majalengka

Fajarnews.com, CIREBON- Sebanyak 280 mahasiswa yang berasal dari Universitas  Padjajaran (UNPAD) akan melakukan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) di 14 desa yang berada di Kecamatan Ligung Kab. Majalengka. Kedatangan ratusan mahasiswa di Kecamatan Ligung disambut oleh Forum Kordinasi Pimpinan Kecamatan (FKPK), serta kepala desa di ruang aula kecamatan, Selasa (5/1).

Camat Ligung, Toto Prihatno pada acara penyambutan kedatangan peserta KKNM mengatakan, selama pelaksanaan KKNM, mahasiswa dapat melakukan analisis  soal wilayah Ligung yang menjadi daerah pendukung Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), khususnya sebagai kawasan aero city.

Ligung masih dalam tahap perkembangan dalam mengaktualisasi kawasan, karenanya pengembangan serta kreativitas harus terus ditingkatkan. "Oleh karena itu, beberapa praktik yang dilakukan oleh mahasiswa mungkin bisa memunculkan sebuah karya. Salah satunya menciptakan kuliner khas Ligung," katanya.

Selain itu, kata Toto, Bupati Majalengka, H. Sutrisno menyampaikan, saat ini seluruh desa diberikan sebuah kapasitas yang luar biasa tentang ekonomi desa. Begitu juga dalam aspek perencanaan. Terkait dengan hal itu, pihaknya berharap mahasiswa mampu berkontribusi lebih dalam rencana kerja pemerintahan desa di tahun 2016.

"Dalam waktu dekat, kami akan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Ligung. Kami berharap mahasiswa dapat berkomunikasi dan berdialog dengan batas-batas kewenangannya,” harapnya.

Danramil 1713 Ligung Kapten CBA H Suhardi menambahkan, selama pelaksanaan, mahasiswa dituntut untuk ikut berperan aktif menjadi Kamtibmas di wilayah kerjanya.

"Wilayah Ligung merupakan daerah yang terus berkembang. Kami berharap bahwa mahasiswa yang melaksanakan KKN ini dapat menciptakan situasi dan wilayah kondusif sebaik mungkin,” katanya.

Sedangkan pembimbing KKNM UNPAD, Tajudin mengingatkan kepada seluruh mahasiswa agar mampu  membawa perubahan yang lebih baik di desa  yang ditempati. ”Jadikanlah masyarakat disini sebagai guru dalam hal menimba ilmu,” pintanya.

MUNADI

Loading Komentar....