fajarnews

Gali Potensi Pelajar, Himaka IAIN Syekh Nurjati Gelar Liga Matematika se Jabar

Redaksi : Andriyana | Minggu, 17 Januari 2016 | 19:29 WIB

WIN
Dekan II Fakultas Tarbiyah, Suklani (kedua dari kanan) bersama pemenang liga matematika

Fajarnews.com, CIREBON- Untuk menggali potensi para pelajar di bidang matematika, Himpunan Mahasiswa Matematika (Himaka) IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah sukses menggelar Liga Matematika se-Jawa Barat (Jabar) 2016 yang diikuti sebanyak 580 peserta yang terdiri dari peserta SD hingga SMA yang berlangsung selama enam hari (11-16 Januari 2016) di Gedung Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati.

Ketua Panitia Liga Matematika, Alif Nurhasanah mengatakan, kompetisi matematika ini tentunya bertujuan ingin menggali seberapa jauh keilmuan para pelajar dibidang matematika. Adapun kategori lomba dalam liga matematika ini diantaranya adalah Olimpiade matematika, Lomba Hitung Cepat Matematika (LHCM), Lomba Cerdas Tangkas Matematika (LCTM),  Rangking 1 dan lomba alat peraga liga pembelajaran matematika tingkat sma.

“Berbagai kategori lomba matematika yang diikuti para pelajar ini telah sukses digelar, dan tentunya dari kompetisi ini diharapkan para pelajar terus memotivasi dirinya untuk terus belajar dan menggali potensi matematika,” ungkap Ketua Panitia Liga Matematika, Alif Nurhasanah kepada fajarnews.com, Sabtu (16/1).

Kompetisi matematika tingkat Jabar ini, menurutnya untuk merangsang para pelajar agar lebih memperdalam lagi keilmuan matematika, dan berharap kegiatan ini bisa menjadi modal dan semangat bagi peserta untuk lebih giat lagi belajar memahami ilmu matematika.

“Kedepan, saya berharap kompetisi matematika pelajar ini cakupannya lebih meluas lagi, bukan hanya Jabar saja, akan tetapi tingkat nasional. Selamat kepada pemenang dalam lomba kali ini, semoga kompetisi ini jadi pemicu untuk terus belajar, karena kita telah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), maka dari itu kita harus bersaing dengan menggali dalam menatap masa depan,” terangnya.

Senada, Rektor IAIN Syekh Nurjati, H. Sumanta yang diwakili oleh Dekan II Fakultas Tarbiyah, Suklani menyampaikan, diselnggarakanya liga matematika, dia berharap kedepan Himaka bisa mengadakan liga matematika tingkat nasional.

Lanjut dia, kegiatan ini, dirinya merasa bersyukur, karena Himaka telah bekerja keras dalam menyelanggarakan kegiatan ini, dan dia mengucapkan selamat kepada para pemenang. Adapun bagi yang belum beruntung, maka teruslah belajar hingga mendapatkan hasil yang terbaik.

“Dalam menghadapi MEA, ini bagian dari proses pembelajaran untuk menghadapi MEA, dan tentunya salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) mahasiswa, dan tentunya juga harus disertai dengan pembelajaran oenguasaan bahasa Inggris dan juga Arab,” tegasnya.

WINARNO

Loading Komentar....