fajarnews

Adit, Juarai Lomba Hitung Cepat Matematika Antar Pelajar SMP Tingkat Jabar

Redaksi : Andriyana | Selasa, 19 Januari 2016 | 21:32 WIB

WIN
Pembina Matematika SMPN 1 Kota Cirebon, Sri Restu Mulyawati (berdiri kanan), Adithya Rimba (ketiga dari kanan) dan Club Matematika SMPN 1 Kota Cirebon.

Fajarnews.com, CIREBON- Salah satu siswa kelas 8f SMPN 1 Kota Cirebon, Adithya Rimba berhasil menjuarai Lomba Hitung Cepat Matematika (LHCM) Antar Pelajar SMP Tingkat Jawa Barat (Jabar).

Dalam babak final, Adith, panggilan akrab Adithya Rimba, harus berkompetisi dengan pelajar asal SMP Santa Maria dan  SMP Al-Azhar. Akan tetapi berkat ketangkasan dan kemampuan hitungnya, Adith berhasil keluar sebagai pemenang, sekaligus membawa Piala Bergilir Gubernur di IAIN Syekh Nurjati, Sabtu (16/1).

Hal tersebut dikemukakan Pembina Matematika SMPN 1 Kota Cirebon, Sri Restu Mulyawati saat ditemui fajarnews.com”, Selasa (19/1). Menurutnya, keberhasilan Adit dalam membawa dua piala tersebut dikarenakan Adith itu fokus untuk mendalami pelajaran matematika, dan juga dirinya memeiliki mental berhitung yang cepat.

“Keberhasilan Adith ini tentunya memberikan kebanggaan bagi sekolah, pasalnya pelajar SMPN  1 Kota Cirebon tersebut telah mengharumkan almamater sekolah dikancah provinsi, melalui prestasinya tersebut. Prestasi ini juga tentunya harus memberikan motivasi bagi pelajar SMPN 1 Kota Cirebon yang ikut club matematika agar bisa meraih prestasi,” ungkap Restu.

Persaingan dalam LHCM itu, kata dia, cukup ketat, pasalnya ada para pelajar lainnya juga memiliki kemampuan yang cukup mumpuni dalam menghitung secara cepat. Adapun materi dalam LHCM itu adalah tambah, kurang, kali, bagi, yang dihitung dari bilangan satuan hingga ribuan.

“Sejak kecil Adith itu sudah memiliki mental berhitungnya dengan cepat, dan teknik hitung cepatnya itu berhitung didalam pikiran, bukan berhitung dengan media tulisan. Mental berhitung inilah yang membawa Adith keluar sebagai juara LHCM dan membawa Piala Bergilir Gubernur tingkat SMP,” jelasnya.

Selain itu, pelajar kelas 9a SMPN 1 Kota Cirebon, Hugie Algghaniu harus puas meraih peringkat empat dalam olimpiade matematika itu. Meski begitu, dirinya tetap bangga kepada Hugie, karena prestasi ini  bisa memacu semangat dirinya untuk meraih gelar jawara dalam lomba matematika berikutnya.

“Kepada para pelajar yang ikut club matematika SMPN 1 Kota Cirebon, Ibu berharap agar mereka terus belajar dan mau mencoba terus. Mereka itu memiliki ilmu matematika yang cukup mumpuni, tinggal meningkatkan lagi jiwa bertarung kompetisi matematika,” pungkasnya.

WINARNO

Loading Komentar....