fajarnews

Sebanyak 75 Pelajar Dilantik Jadi Duta Lingkungan Sekolah

Redaksi : Andriyana | Kamis, 28 Januari 2016 | 20:28 WIB

WIN
Ketua Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon, Cecep Supriyatna saat menyempaikan materi pengelolaan lingkungan kepada duta lingkungan, Kamis (28/1)

Fajarnews.com, CIREBON- Sebanyak 75 pelajar telah dilantik menjadi duta lingkungan sekolah di salah satu hotel Kota Cirebon, Kamis (28/1). Pelantikan 75 pelajar tersebut berasal dari 15 sekolah yang terdiri dari tiga wilayah, yaitu Indramayu, Kota dan Kabupaten Cirebon, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peduli lingkungan serta mewujudkan sekolah yang ramah lingkungan.

Ketua Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon, Cecep Supriyatna mengatakan, pelantikan duta lingkungan dari kalangan pelajar ini, nantinya mereka akan diberikan bekal atau materi teknik pengelolaan lingkungan, seperti melatih bagaimana mengelola limbah sampah, menata ruang terbuka hijau, serta mewujudkan sekolah ramah lingkungan.

“Setelah diberikan pembekalan cara pengelolaan lingkungan, kemudian diikuti lomba berbasis kompetisi dan mempraktikkan di sekolahnya masing-masing,  dan nantinya akan diberikan penghargaan sebagai duta lingkungan sekolah terbaik,” ungkap Cecep.

Menurutnya, pelantikan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan. Melihat kurangnya kesadaran itulah, lanjut dia, Sanggar Lingkungan Hidup ini kemudian mendidik 75 duta seleksi, untuk bersedia ikut pelatihan selama satu semester.

Ia juga menceritakan, berbagai kegiatan kebersihan dan penataan lingkungan yang dilakukan Sanggar Lingkungan Hidup seperti, bersih-bersih sungai, menanam mangrove di Kejawanan dan kebersihan sampah serta  mengajak lapisan masyarakat turut serta membersihkan lingkungan sekitarnya.

Hasil dari pelantikan dari duta lingkungan hidup yang kedua ini, lanjut dia, tentunya menginginkan agar generasi muda mulai mencintai lingkungan, dan berharap agar mereka menularkan dan mengajak lingkungan sekitar untuk peduli terhadap lingkungan.

“Kami berharap agar generasi muda ini bisa mengurangi kerusakan lingkungan, dan pemerintah daerah pun tidak kesulitan mencari sekolah berwawasan lingkungan,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu siswa ikut menjadi duta lingkungan hidup, Ramadhan Trysurya Milenum menyampaikan, alasan dia mengikuti duta lingkungan hidup ini adalah untuk menanbah wawasan cara mengelola kebersihan, sehingga lingkungan sekitar terlihat bersih.

“Seru bisa tahu, cara mengolah sampah, dan nantinya akan diterapkan dirumah, sekolah dan masyarakat. Selain itu juga, saya akan mengajak teman-teman untuk membuang sampah pada tempatnya, sehingga lingkungan sekitar kita bisa menjadi bersih dan asri, tidak kumuh,” ujar siswa kelas 11 SMAN Palimanan.

WINARNO

Loading Komentar....