fajarnews

Soebagdja Salim, Pelajar SMAN 1 Kota Cirebon Jadi Duta Internet CAKAP Terbaik 2016

Redaksi : Andriyana | Selasa, 18 Oktober 2016 | 23:46 WIB

Ist
Soebagdja Salim (empat dari kiri) mendapatkan piala dan sertifikat penghargaan Duta Internet CAKAP Terbaik 2016 di Jakarta belum lama ini

Fajarnews.com, CIREBON - Salah satu pelajar SMAN 1 Kota Cirebon, Soebagdja Salim telah terpilih menjadi Duta Internet Cerdas, Kreatif, dan Produktif (CAKAP) Terbaik 2016 serta menjadi Duta Internet CAKAP Nasional dari Direktorat Pemberdayaan Informatika Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Gedung Kemkominfo-Jakarta, Kamis (13/10).

Salim, panggilan akrabnya adalah anak ketiga dari H. Qomar itu telah mengharumkan sekolah dan juga Kota Cirebon di kancah nasional. Terpilihnya menjadi Duta Internet CAKAP, membuat Salim mendapatkan tugas dari kementerian terkait untuk menyebarkan, menularkan dan mengkampanyekan penggunaan internet secara positif, kreatif dan arif kepada kalangan generasi muda dan masyarakat luas.

“Dari 44 peserta se-Indonesia, hanya saya dan Pande Komang Novia Arsita Wijaya dari Bali terpilih menjadi Duta Internet CAKAP Terbaik. Sekaligus mewakili Indonesia untuk menyebarkan dan mensosialisasikan ke masyarakat luas untuk menggunakan internet secara positif,” ungkap Siswa kelas XI IPA 11, Soebagdja Salim kepada fajarnews,com di sekolahnya, Selasa (18/10).

Salim tidak menyangka dan kaget setelah terpilih menjadi Duta Internet CAKAP mewakili generasi muda di Indonesia untuk menyebarkan dan mengajak anak muda untuk berkreatif dan memanfaatkan internet secara positif.

Salim adalah satu-satunya siswa Kota Cirebon yang mengikuti kompetisi Duta Internet CAKAP, dan akhirnya terpilih. Bahkan Salim mendapatkan nilai tertinggi 86,4 dari peserta lainnya.

Sebelum pemilihan Duta Internet CAKAP, Salim diberikan pelatihan dan pembinaan tentang membuat video, website, games, artikel dan lain-lainnya dari pihak kementerian terkait. Alasan dipilihnya Salim menjadi Duta Internet CAKAP adalah dirinya telah membuat sebuah dua program, yaitu Origami dan Emojis.

“Program itu merupakan sebuah wadah aspirasi dan karya generasi anak-anak muda dari berbagai komunitas. Program itu untuk mempromosikan karya anak muda Indonesia dan juga Cirebon. Dua program itu akan selalu diawasi dan dibina dari pihak kementerian,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan mempromosikan dua program itu dirinya mengajak anak muda untuk menjauhi konten-konten negatif. Bahkan dirinya pun mengajak anak muda untuk berkeativitas membuat blog, website, buat artikel atau tulisan.

Dirinya pun berharap dengan program bisa memberikan motivasi kiepada anak muda agar tidak membuka internet negative.

“Dengan program ini diharapkan bisa memberikan motivasi agar anak muda menjadi produkltif dalam memanfaatkan internet secara positif, sekaligus untuk dijadikan wadah karya secara positif bagi Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kota Cirebon, Nendi melalui Wakasek Humas, Puji Nirmo mengapresiasi atas prestasi yang diraih Salim, karena Salim telah mengangkat nama sekolah di tingkat nasional, dengan terpilihnya sebagai Duta Internet CAKAP.

“Kami akan memberikan reward atau penghargaan kepada siswa siswi yang telah mengukir prestasi, baik tingkat regional ataupun nasional. Hal ini agar mereka bisa termotivasi untuk berlomba-lomba dalam menggapai prestasi terbaik sesuai bakatnya,” tukasnya.

WINARNO

Loading Komentar....