fajarnews

Disdik Belum Pastikan Berapa Jumlah Sekolah yang Laksanakan UNBK

Redaksi : Iwan Surya Permana | Rabu, 28 Desember 2016 | 13:45 WIB

 

Fajarnews.com, CIREBON- Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Sri Wahyuninghadi menyampaikan bahwa pihaknya belum bisa memprediksikan berapa jumlah sekolah yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Cirebon pada tahun ajaran 2016/2017 nanti.

Menurutnya, tahun kemarin ada sebelas SMA dan SMK di Kota Cirebon yang melaksanakan UNBK, akan tetapi tahun ini pihaknya belum bisa memastikan jumlah sekolah yang ikut UNBK menyusul isu penghapusan Ujian Nasional. “Isu peniadaan UN kemarin, memang cukup mengganggu persiapan pelaksanaan UNBK di Kota Cirebon. Sehingga sekolah pun sempat tidak menyiapkan UNBK," ungkap Yuni, Selasa (27/12).

Ia menjelaskan, pada pelaksanaan simulasi UNBK tahap pertama, ada beberapa sekolah yang pernah terlibat dalam UNBK tahun kemarin dan ada pula yang tidak ikut bergabung. Hal tersebut dimungkinkan, karena imbas adanya isu peniadaan UN yang sebelumnya santer diberitakan berbagai media.

Namun pada simulasi yang pertama juga, lanjut Yuni, ada sekolah baru yang sudah bergabung. Namun berapa jumlah sekolah yang akan mengikuti UNBK itu baru bisa dipastikan pada pelaksanaan simulasi UNBK yang ketiga. “Kita ada tiga kali simulasi UNBK. Setelah simulasi ketiga, baru kita bisa pastikan, berapa sekolah yang akan menggelar UNBK tahun ini," ucapnya.

Ia menambahkan, sekolah yang mengikuti simulasi UNBK, belum tentu mereka nantinya akan melaksanakan ujian menggunakan UNBK. Sekolah yang mengikuti UNBK, nantinya akan dievaluasi secara matang, terkait kesiapan dan juga fasilitas yang tersedia. Jika memang sudah dipastikan siap dan memadai, baru bisa dipastikan sekolah tersebut akan melaksanakan ujian dengan sistem UNBK. “Jadi, yang ikut simulasi juga, masih memungkinkan tidak dilibatkan dalam UNBK, kalau ternyata kesiapan dan fasilitasnya dirasa kurang memadai,” tandasnya. 

WINARNO

Loading Komentar....