fajarnews

58 DPL KKN Unswagati Ikuti ToT Pengabdian Masyarakat

Redaksi : Iwan Surya Permana | Rabu, 11 Januari 2017 | 12:00 WIB

Winarno
Wakil Rektor II Unswagati H. Acep Komara menjadi pemateri ToT DPL KKN di salah satu hotel di Kota Cirebon, Selasa (10/1).*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon mengadakan Training of Trainer (ToT) pembekalan pemberdayaan masyarakat, yang diikuti sebanyak 58 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Penerapan Keterampilan Mahasiswa tahun akademik 2016/2017 semester ganjil, Selasa (10/1). 

Rektor Unswagati Cirebon, H. Rochanda Wiradinata bersama para wakil rektor, para dekan dan pimpinan lembaga membuka kegiatan yang mengangkat tema "Penguatan Sumberdaya Masyarakat Perdesaan dan OVOP dalam Upaya Meningkatkan IPM Kabupaten Cirebon" ini.

"KKN ini berperan membantu pemerintah dalam meningkatkan pembangunan nasional. KKN mahasiswa ini harus membantu apa yang menjadi problematika masyarakat," kata Djohan, panggilan akrab rektor. 

Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta visi dan misi Unswagati, dirinya menegaskan bahwa KKN ini sebagai bagian dari pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa. "Saya minta agar dosen dan mahasiswa berupaya untuk mendorong masyarakat memanfaatkan teknologi tepat guna," imbuhnya.

TOT tersebut diisi oleh Rektor Unswagati, Kepala LPM Jimmy Hassoloan yang membahas tentang konsep pemberdayaan masyarakat, Alfandi tentang Kegiatan One Village One Product (OVOP) dalam KKN, H Deddy Kusmayadi tentang Strategi Peningkatan Ekonomi Perdesaan dan H Acep Komara tentang Teknologi Tepat Guna dalam KKN.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unswagati, Jimmy Hassoloan mengatakan, KKN kali ini akan dilaksanakan selama 35 hari mulai tanggal 6 Februari 2017-14 Maret 2017 dan diikuti sebanyak 1.054 mahasiswa.

"Jumlah tersebut, terdiri dari 154 mahasiswa Fakultas Hukum (FH), 21 mahasiswa Fakultas Teknik (FT), 809 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan 68 mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK)," kata Jimmy. 

WINARNO

 

Loading Komentar....