fajarnews

Himmatika UMC Gelar Math Days ke-4

Redaksi : Iwan Surya Permana | Senin, 23 Januari 2017 | 13:45 WIB

Hasan Hidayat
Para juara dalam Math Days ke-4yang diselenggarakan Himmatika UMC.*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Himpunan Mahasiswa Matematika (Himmatika) Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) menggelar kegiatan Math Days ke-4 di kampus setempat, Sabtu-Minggu (21-22/1).

Ketua Umum Himmatika UMC, Asep mengatakan, dalam Math Days tahun ini ada tiga acara yakni cerdas cermat, pameran alat peraga, dan rangking satu. Menurutnya, untuk pameran alat peraga itu dibuka untuk umum, untuk semua siswa yang ingin mengetahui alat-alat peraga matematika.

“Math Days ini setiap tahun digelar, karena ada piala bergilir rektor UMC. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, kami himpunan mahasiswa prodi matematika, jadi kegiatan ini semuanya matematika, tidak ada mata pelajaran lain, pesertanya sendiri dari sekolah dasar se-Wilayah III Cirebon atau biasa disebut Ciayumajakuning,” ungkap Asep.

Ia menjelaskan, untuk peserta cerdas cermat berasal dari siswa se-Wilayah III Cirebon, tetapi, karena keterbatasan jarak dan waktu, mayoritas yang mendaftar dan mengikutinya dari Kota dan Kabupaten Cirebon. Menurutnya, cerdas cermat tahun ini dilaksanakan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, yakni dengan konsep individu.

“Kalau biasanya cerdas cermat itu per grup, sekarang kita gelar dengan konsep individu, agar setiap sekolah bisa mengirimkan sebanyak-banyaknya, tidak hanya satu regu,” jelasnya.

Ia menuturkan, ini kegiatan rutin yang digelar setiap tahun yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika UMC. Menurutnya, ada pesan dalam kegiatan ini, yakni ingin memperkenalkan bahwa matematika itu tidak sesulit yang dibayangkan dan dipikirkan. Dikatakannya, matematika juga bisa dikemas dengan kegiatan menghibur sehingga mudah dipahami.

“Tujuan utamanya adalah promosi atau memperkenalkan prodi keguruan matematika, karena biasanya UMC ini dalam jurusan pendidikan hanya dikenal prodi PGSD dan saya mengharapkan dengan diadakannya kegiatan seperti ini, mata pelajaran matematika semakin diminati dan tidak lagi dianggap susah oleh anak-anak sekolah ” tuturnya.

Ia mengharapkan, pada tahun-tahun ke depan kegiatan mahasiswa ini tidak hanya acara rutin ini saja, tetapi ada kegiatan lain, karena dari pihak kampus sangat mendukung penuh kegiatan mahasiswa untuk peningkatan kredibilitas kampus UMC ini. “Bisa saja dan diharapkan tahun depan tidak hanya tingkat SD/MI melainkan sampai ke tingkat SMA/SMK/sederajat,” harapnya. 

HASAN HIDAYAT

 

 

 

Loading Komentar....