fajarnews

PKBM Kartika Menunggu Hasil Penilaian Akreditasi

Redaksi : Iwan Surya Permana | Rabu, 25 Januari 2017 | 13:45 WIB

 

Fajarnews.com, CIREBON- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kartika telah dinilai tim akreditasi, namun hasil penilaian tersebut akan diumumkan pada April mendatang. "Alhamdulillah kita ajukan untuk akreditasi dan tim akreditasi Bandung datang ke lokasi guna melihat sejumlah prasyarat akreditasi," kata Ketua PKBM Kartika, Jakaria kepada fajarnews.com, Selasa (24/1).  

Ia menjelaskan, pengajuan akreditasi PKBM, harus memenuhi delapan standar, di antaranya adalah isi, proses, kelulusan, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan terakhir penilaian. "Tim asesor datang ke PKBM Kartika isekitar Bulan November 2016 dan saat ini masih tahap pengkajian," imbuhnya. 

Selain itu, kata dia, dalam standar pendidikan seorang pengajar minimal strata sarjana, sesuai pelajaran dan linier. PKBM Kartika merupakan satu-satunya PKBM di Kota Cirebon yang telah dinilai tim asesor akreditasi, dan tinggal menunggu hasilnya. "Saya berharap semoga bisa mendapatkan akreditasi yang bagus," ucapnya. 

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Disdik Kota Cirebon, Agus Muharam menyampaikan, ada lima PKBM lainnya yang sedang mengajukan proses akreditasi, yakni PKBM Wina, PKBM Salafiatul Huda, PKBM Kalijaga, PKBM Panji Anom, dan PKBM Syekh Nur Jati pada 2016 lalu. 

Namun, lanjut dia, hanya PKBM Kartika yang dinilai oleh tim akreditasi PKBM, dan dirinya pun berharap dengan diakreditasinya PKBM Kartika bisa memotivasi PKBM lain untuk menyiapkan akreditasi.  Ia menambahkan, total keseluruhan ada sekitar 19 PKBM yang telah berdiri di Kota Cirebon dan semuanya belum mendapatkan nilai atau predikat akreditasi.

"Dengan dinilai akreditasi PKBM Kartika semoga bisa getoktularkan ke PKBM lain untuk diakreditasi. Semoga PKBM lainnya bisa menyusul, dan saya pun akan motivasi mereka untuk segera menyiapkan akreditasi," tandasnya.

WINARNO

 

Loading Komentar....