fajarnews

SMA/SMK Wajib Ikuti UNBK

Redaksi : Iwan Surya Permana | Kamis, 26 Januari 2017 | 12:00 WIB

Ilustrasi
-

Fajarnews.com, CIREBON- Setelah pengelolaan SMA resmi jadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, gebrakan baru pun langsung diterapkan. Salah satunya adalah seluruh SMA/SMK yang ada di Jawa Barat, wajib melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ketua MKKS SMA Kabupaten Cirebon, H. Tedi membenarkan adanya rencana pelaksanaan UNBK yang diwajibakan untuk siswa kelas 12 SMA/SMK baik negeri maupun swasta, dan pihak sekolah mau tidak mau harus mempersiapkan diri dari sekarang.

“UNBK ini akan mulai diterapkan pada tahun 2017 ini, dan ini wajib dilaksanakan oleh seluruh sekolah tingkat SMA/SMK baik negeri maupun swasta,” ujar Tedi, saat dikonfirmasi melalui saluran teleponnya, Rabu (25/1).

Dikatakan Tedi, dari semua SMA/SMK negeri yang ada di Kabupaten Cirebon, semuanya hampir siap untuk melaksanakan UNBK, namun semua akan melalui tahapan klarifikasi dari tim khusus yang dihadirkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

“Meskipun semua menyatakan kesiapan, tapi semua akan dilakukan klarifikasi terlebih dahulu, kalau sekolah itu dirasa tidak siap maka, pelaksanaan UNBK bisa bergabung dengan sokolah lainnya yang dirasa sudah siap,” katanya.

Tedi juga mengatakan, UNBK ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pendidikan khusunya di tingkat SMA sedrajat dan diharapkan pada pelaksanaan nya nanti tidak menemui kendala apapun. “Kendala pasti ada, dan ini yang sedang kami minimalisir kendalanya, kendala yang dihadapi salah satunya adalah kesiapan sarana dan prasarana,” tambahnya. 

DEDE KURNIAWAN

 

Loading Komentar....