fajarnews

Akper Dharma Husada Siap Kirim Tenaga Keperawatan ke Jepang dan Australia

Redaksi : Andriyana | Kamis, 6 April 2017 | 23:50 WIB

WINARNO
Sebanyak 38 mahasiswa, dosen dan staf Akper Dharma Husada Cirebon berfoto bersama usai kegiatan ucapan janji di salah satu hotel di Kota Cirebon, Kamis (6/4)

Fajarnews.com, CIREBON - Akademi Keperawatan (Akper) Dharma Husada Cirebon berencana akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa dan dosen serta pembangunan infrastruktur kampus. Peningkatan fisik dan non fisik tersebut dalam rangka untuk menyiapkan tenaga keperawatan (ners) yang akan dikirimkan ke Jepang atau Australia.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Akper Dharma Husada Cirebon, Dodo Suhada Surawinata didampingi Ketua Yayayan Pendidikan dan Pelayanan Medis Akper Dharma Husada, Yosef saat ditemui fajarnews.com usai ucap janji mahasiswa angkatan XXI tahun 2017 di salah satu hotel di Kota Cirebon, Kamis (6/4).

Ia mengatakan, dalam rangka peningkatan SDM tenaga ners tersebut, maka pihaknya akan membangun infrastruktur untuk gedung empat lantai yang berisi 36 ruangan, dan lantai satunya akan dibuat Poliklinik Pratama Plus sebagai media latihan peserta didik.

"Semua itu untuk menyiapkan tenaga ahli ners yang nantinya bisa dikirimkan Jepang," imbuhnya.

Untuk mengirimkan tenaga ahli ke Jepang, kata dia, tentu tak mudah karena harus memiliki kemampuan, kompetensi dan keilmuan yang tinggi serta bahasanya juga. Bahkan, dirinya melihat ada tiga faktor yang memengaruhi sehingga banyak mahasiswa yang tak lolos ke Jepang.

"Faktor bahasa, budaya dan ilmu yang dikuasai masih lemah. Sehingga mahasiswa tenaga ners banyak yang tak lolos seleksi ke Jepang. Makanya kedepan kami juga akan memberikan budi pekerti dan budaya luar (Jepang)," bebernya.

Ia mengklaim pihaknya sudah bekerjasama dengan Jepang untuk mengirimkan 2 ribu tenaga ners. Sehingga selain dari lulusan Akper Dharma Husada Cirebon, dirinya juga akan bekerja dengan Akper se-Jabar.

"Sebanyak 2 ribu dikirimkan selama lima tahun. Jadi sekitar 400 tenaga ners akan dikirimkan ke Jepang dalam satu tahun dan akan dimulai pada tahun ini," bebernya.

Peningkatan sarpras dan SDM tersebut, menurutnya, dalam rangka mengarah untuk meraih akreditasi dengan predikat A. Makanya kampus representatif, dan tenaga dosen ahli pun akan disiapkan guna memenuhi capaian tersebut.

"Sebetulnya kami memiliki beberapa pilihannya untuk mengirimkan tenaga ners ke luar bukan hanya Jepang saja, tapi Amerika dan Australia pun siap. Tapi kami belum bisa memastikan kemana akan mengirimkan tenaga ners tersebut," jelasnya.

Sementara itu, kegiatan ucap janji yang diikuti sekitar 38 mahasiswa yang telah melewati semester satu tersebut, kata dia, nantinya akan ditempatkan di sejumlah rumah sakit untuk melakukan praktik di lapangan.

"Kami berharap dengan peningkatan berbagai sarpras dan SDM tersebut bisa membawa kampus Akper Dharma Husada bisa menjadi lebih baik lagi, karena selain mendapatkan keilmuan juga dibarengi pengetahuan bahasa asing serta keterampilan ners," tandasnya.

WINARNO

Loading Komentar....