fajarnews

Praktisi PAUD Nasional Kenalkan Metode Pembelajaran Lewat Lagu

Redaksi : Andriyana | Senin, 10 April 2017 | 23:29 WIB

WINARNO
Praktisi PAUD Nasional, Sinung Widodo sedang memberikan materi penghafalan huruf melalui guru dan gerak jari kepada ratusan guru PAUD di Aula Disdik Kota Cirebon

Fajarnews.com, CIREBON- Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nasional, Sinung Widodo memberikan metode pembelajaran baca, nulis dan berhitung (calistung) melalui lagu, seperti menghafal angka, huruf dan lain-lainnya kepada ratusan guru PAUD dan TK se-Kota Cirebon, yang nantinya bisa diterapkan di lembaganya masing-masing.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Agus Muharam mengatakan, metode pembelajaran lewat lagu tersebut nantinya bisa diterapkan di seluruh lembaga PAUD dan TK.

Sebab, metode pembelajaran lagu tersebut selain mudah dihafal murid juga sangat menyenangkan, sehingga proses pembelajarannya pun tak jenuh dan bosan.

“Pelaksanaan workshop dengan tema bagaimana menjadi guru yang hebat dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidik PAUD di Kota Cirebon, sehingga dapat memberikan pelajaran kepada anak didiknya dengan cara menyenangkan,” kata Agus kepada fajarnews.com, Senin (10/4).

Dalam mendidik anak-anak usia dini, kata dia, perlu metode pendekatan keahlian bernyanyi dan bermain serta bercerita, sehingga paham akan gerak yang akan ditampilkan di depan anak didik.

Selain itu, kegiatan pelatihan bagi tenaga pengajar di PAUD untuk memberitahukan metode mendidik anak usia dini yang benar dan lebih cepat mengerti.

“Kegiatan ini diadakan untuk mengajarkan kepada tenaga pendidik tentang bagaimana caranya seorang guru dapat menyenangkan anak didiknya, diantaranya cara bernyanyi dengan benar, teknik bercerita dengan benar yang dapat menarik anak-anak untuk senang mendengarkan,” beber dia.

Menurutnya, melalui penyampaian didalam pembelajaran dengan bahasa yang baik, santun, lembut dan ramah tersebut diharapkan kedepan anak-anak PAUD memiliki perilaku dan budi pekerti yang baik.

Diharapkan didalam pelatihan ini, guru-guru PAUD di Kota Cirebon dapat menyerap semua materi yang diberikan oleh narasumber dengan baik.

“Sehingga setelah pelatihan para guru benar-benar akan menjadi guru yang hebat dan profesional yang pada akhirnya dapat mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas,” ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan ini dimana guru-guru yang ada di Kota Cirebon dilatih untuk mengajarkan dengan cara yang baik sesuai dengan usia anak-anak, tentang agama, pendidikan, akhlak, dan tentang tempat belajar yang baik sehingga anak-anak dapat bebas leluasa bergerak dan belajar.

“Semoga ilmu yang didapat didalam pelatihan bisa menambah wawasan yang lebih bagi guru-guru PAUD, dan dapat diterapkan kepada anak-anak dalam menunjang wawasan anak khususnya untuk mengembangkan potensinya didalam aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional dan kemandirian, seni, dan kemampuan berbahasa,” pungkasnya.

WINARNO

Loading Komentar....