fajarnews

Wagub Targetkan UNBK SMA/SMK Diikuti 100 Persen

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 11 April 2017 | 16:10 WIB

Irgun
Wakil Gubenur Jabar, Deddy Mizwar menegaskan UNBK tahun depan harus sudah dilaksanakan 100 persen diikuti seluruh sekolah tingkat SMA/MA dan SMK.*

Fajarnews.com, GARUT– Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tingkat SMK yang berlangsung minggu lalu diikuti 90 persen siswa atau sekolah, sisanya menggunakan kertas. Sementara UNBK tingkat SMA diikuti sekitar 86 persen.

Kepala Bidang SMK Disdik Jabar Dodin Nuryadin mengatakan tingkat SMK lebih siap karena memang memiiki sarana yang jauh lebih lengkap.

“Hal tiu karena di SMK memang ada pelajaran komputer dan memiliki laboratorium komputer, berbeda dengan SMA. Ada yang memiliki laboratorium tapi hanya sekolah tertentu,” jelasnya saat mendampingi Wagub Jabar meninjau UNBK di Garut, Senin (10/4)

Ia menambahkan, kondisi yang terkendala lebih banyak terjadi di daerah pelosok, karena keterbatasan jaringan dan juga sarananya. Namun, menurutnya, tahun depan kendala itu akan diatasi hingga 100 persen.

Sementara Wakil Gubenrur Jawa Barat, Dedy Mizwar  menegaskan, jika Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun depan harus sudah dilaksanakan 100 persen diikuti seluruh sekolah tingkat SMA/MA dan SMK.

Wagub Dedy menambahkan, dalam Musrenbang pendidikan akan menjadi prioritas khususnya dalam mengejar target 100 persen pelaksanaan UNBK tahun 2018 medatang.

 “Tagertnya tahun depan harus sudah 100 persen. Bisa saling bantu antar sekolah bagi yang belum bisa menyiapkan sarananya,” ujar dia.

Ia menyontohkan di Kabupaten Ciamis, sudah 100 persen dilaksanakan meskipun menurutnya tidak semua siswa atau pihak sekolah memiliki sarana komputer.

Namun hal itu bisa diatasi dengan saling bekerjasama antara SMA dan SMK. Kebetulan memang jadwal UNBK antara SMA dan SMK berbda, sehingga bisa saling membantu.

“Kalau kurang, misalnya hanya 50 persen sisanya bisa dari anak siswa dan pinjam dari SMK tetangga. Kan bisa saling membantu,” tegasnya.

UNBK menurut wagub harus diupayakan karena akan menghemat biaya ujian nasional yang selama ini berbasis kertas. (Irgun)

Loading Komentar....