fajarnews

Anggaran Pendidikan Kota Cirebon Turun 40 Persen

Redaksi : Iwan Surya Permana | Kamis, 20 April 2017 | 13:45 WIB

 

Fajarnews.com, CIREBON- Kepala Dinas Pendidikan, H Jaja Sulaeman mengatakan, tahun ini anggaran pendidikan yang dikucurkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cirebon menurun drastis hingga 40 persen jika dibanding tahun sebelumnya.

“Tahun lalu kami mendapatkan kucuran anggaran sekitar Rp 82 miliar, sementara tahun ini hanya Rp 41 miliar saja. Makanya kami sedang mengupayakan penambahan pada APBD Perubahan,” kata Jaja Sulaeman saat ditemui fajarnews.com di ruang kerjanya, Rabu (19/4).

Menurut Jaja, tambahan pengajuan pada APBD Perubahan akan diprioritaskan untuk perpustakaan, terutama pembelian buku-buku terbaru.

“Perpustakaan harus diupayakan secara maksimal, terkait tupoksi kegiatan perpustakaan harus ada koordinasi dengan Disdik agar budaya literasi di Kota Cirebon semakin meningkat,” ucapnya.

Saat dikonfirmasi terkait penurunan anggaran tersebut lantaran pengelolaan SMA/SMK ditarik ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), sehingga dikurangi anggarannya, Jaja menjelaskan, meski pengelolaan dan pembiayaan SMA/SMK ke Provinsi, seharusnya Pemerintah Kota Cirebon memfokuskan lagi untuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan SD dan SMP.

Ia menambahkan, ada salahsatu pelajar SD selama setahun telah membaca 60 buku dari SDIT Sabilulul Huda. Sedangkan dari SMP ada sekitar 90 buku telah dibaca selama sepuluh bulan yaitu pelajar dari SMPN 2 Kota Cirebon.  

Lebih lanjut lagi, untuk peningkatan budaya literasi pada periode kedua dari pelajar SD dan SMP bisa semakin bertambah lagi, bahkan tahun ini pihaknya akan lebih gencar lagi soal literasi menjelang Hari Kebangkitan Nasional.

“Saya berharap dengan ditambahnya anggaran, tentu bisa menunjang pembelian buku di berbagai sekolah, sehingga minat dan budaya baca pelajar SD dan SMP di Kota Cirebon bisa semakin meningkat,” tandasnya. (Winarno)

Loading Komentar....