fajarnews

HMPSIK STIKes Mahardika Tumbuhkan Jiwa Kartini

Redaksi : Andriyana | Selasa, 2 Mei 2017 | 22:47 WIB

WINARNO
STIKes Mahardika Cirebon menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kartini, Sabtu (29/04)

Fajarnews.com, CIREBON - Upaya mengenang dan mengobarkan semangat RA Kartini dilakukan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (HMPSIK) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mahardika (STIKes) Mahardika Cirebon. Hal ini dengan menggelar berbagai kegiatan berbagai perlombaan dan seminar dalam rangka memperingati Hari Kartini, Sabtu (29/04).

Panitia pelaksana kegiatan, Icha Wahyuni mengatakan, pada peringatan hari Kartini kali ini HMPSIK menggelar beberapa perlombaan. Diantaranya adalah lomba fashion show antar kelas Prodi Ilmu Keperawatan, lomba tari tradisional antar prodi, serta lomba bakiak berkebaya antar kelas di Program Studi Ilmu Keperawatan.

“Dalam peringatan hari Kartini, intinya kita ingin terus mengenang jasa sosok perempuan yang telah memperjuangkan harkat dan martabat perempuan di Indonesia,” kata Icha kepada fajarnews.com, Selasa (2/5).

Kegiatan dalam peringatan Hari Kartini kata dia, kali ini dengan mengambil tema “Kita Dapat Menjadi Manusia Sepenuhnya, Tanpa Berhenti Menjadi Wanita Sepenuhnya. Kegiatan diawali dengan seminar umum yang menghadirkan aktivis-aktivis perempuan yang sampai saat ini terus menghidupkan semangat Raden Ajeng Kartini.

Dalam seminar umum tersebut hadir di antaranya aktivis Human Crisis Centre Mawar Balqis, Sa'adah, Pencerah Nusantara Cirebon Sofwatun Nida serta dosen setempat yang juga merupakan aktivis perempuan, NS Dwiyanti Purbasari.

“Kegiatan ini bertujuan agar tidak melupakan sejarah, bahwa beliaulah (Kartini, red) yang memperjuangkan hak-hak kita. Selain itu adalah bukti bahwa STIKes Mahardika tetap terdepan dalam mengenang jasa semua pahlawan, sehingga semangatnya bisa tumbuh dalam jiwa seluruh mahasiswanya,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Umum HMPSIK STIKes Mahardika Cirebon, Jaenudin menambahkan bahwa gelaran peringatan hari Kartini akhir pekan kemarin meruakan program pertama HMPSIK di bawah komandonya.

“Saya belum lama dilantik, jadi ini adalah program kerja pertama kepengurusan saya. Semoga kedepannya bisa terus sukses seperti ini,” tuturnya.

Mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan tersebut pun mengharapkan dengan peringatan yang telah diselenggarakan pihaknya, semangat Kartini bisa tumbuh dalam jiwa setiap perempuan muda Indonesia.

“Tentu kita peringati untuk kita kenang kembali. Kita ingat kembali apa dan siapa itu RA Kartini, sehingga dengan begitu perjuangan dan semangat yang dulu digelorakan Kartini bisa diteruskan oleh perempuan-perempuan saat ini,” tandasnya.

WINARNO

Loading Komentar....