fajarnews

STIKes Mahardika Cirebon Gelar Kuliah Pakar tentang Penelitian 

Redaksi : Iwan Surya Permana | Senin, 15 Mei 2017 | 08:35 WIB

Winarno
Guru Besar Universitas Airlangga, Chatarina Umbul Wahyuni menyampaikan materi tentang penelitian kepada mahasiswa STIKes Mahardika.*

Fajarnews.com, CIREBON- Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mahardika Cirebon menggelar kuliah pakar dengan Guru Besar Universitas Airlangga, Chatarina Umbul Wahyuni di aula kampus setempat, Sabtu (13/5) kemarin. 

Kuliah pakar bertajuk “Etika Penelitian Berbasis Kesehatan” tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas para mahasiswa di bidang penelitian. Khususnya mahasiswa yang akan melakukan penelitian guna menyusun tugas akhir. 

Guru Besar Universitas Airlangga, Chatarina Umbul Wahyuni mengatakan, dalam menyusun penelitian terutama di bidang kesehatan, dirinya meminta agar norma-norma yang berlaku di masyarakat harus benar-benar diperhatikan.

“Jangan sampai subjek mendapatkan kerugian akibat penelitian. Namun masyarakat sebagai objek juga boleh diikutsertakan dalam penelitian, tapi diberikan proteksi yang kuat sehingga kemungkinan kesalahan yang dialami peneliti tidak berdampak kepada objek itu sendiri,” kata Chatarina. 

Ia menyarankan kepada mahasiswa bahwa hal lain yang penting saat melakukan penelitian adalah kejujuran. “Semua manfaat yang diharapkan dari penelitian harus jujur diuraikan dengan tidak membesar-besarkan kemungkinan manfaat kepada subjek, itu hal penting lainnya,” bebernya. 

Ia menegaskan, kunci dari semua penelitian adalah tidak boleh ada responden yang dirugikan, baik dengan metode yang diterapkan maupun dengan tujuan dalam melakukan penelitian.

“Jangan sampai kita melakukan penelitian tapi tidak tahu etikanya. Kuncinya intinya adalah responden tidak boleh dirugikan. Maka, kita harus memaksimalkan dalam arti jujur kepada responden mengenai tujuan dan manfaat dari penelitian kita,” pungkasnya. (Winarno)

Loading Komentar....