fajarnews

SMAN 1 Gegesik Gelar Donor Darah

Redaksi : Iwan Surya Permana | Senin, 15 Mei 2017 | 16:25 WIB

 

Fajarnews.com, CIREBON- Ekstrakulikuler PMR SMAN 1 Gegesik, Kabupaten Cirebon mengajak generasi muda untuk lebih peka, tanggap serta peduli terhadap permasalahan sosial. Salah satu ajakan adalah dengan rutin melakukan donor darah, seperti yang dilakukan pada Sabtu (13/5) lalu.

Koordinator donor darah PMR SMAN 1 Gegesik, Sukaya mengatakan, donor darah merupakan agenda rutin sekolahnya dangan PMI Kabupaten Cirebon dalam tiga bulan sekali.

Kegiatan yang diikuti guru dan siswa tersebut merupakan bentuk kegiatan sosial yang dilakukan pihak sekolah untuk memberikan pembelajaran agar siswa maupun guru bisa menerapkan donor darah sebagai gaya hidupnya.

“Meskipun kegiatan donor darah kemarin tanpa diikuti siswa kelas XII karena memang sudah libur, tetapi tidak menurunkan partisipasi pendonor siswa kelas X dan XI maupun para guru yang lumayan banyak,” katanya.

Dikatakan Sukaya, antusias siswa SMAN 1 Gegesik ini sangat bagus dalam mengikuti kegiatan donor darah. Hal itu bisa dilihat dari partisipasi siswa yang sejak pagi sudah menunggu kegiatan yang rutin dilakukan pihak sekolah tersebut.

“Kegiatan donor darah yang dilakukan sekolah ini, selain memang untuk menyediakan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan melaui kerja sama dengan PMI kabupaten, juga sekaligus memberikan pembelajaran kepada siswa kususnya, maupun Guru dan para stap TU. Hal itu agar memiliki jiwa sosial dan peduli terhadap permasalahan seosial sejak masih di bangku sekolah bagi siswa, dengan rutinya melakukan aksi donor,” jelasnya.

Sementara itu kepala SMAN 1 Gegesik, Drs H Hartono MM mengatakan, pihak sekolah menjadi tuan rumah yang menyediakan tempat untuk kegiatan donor darah tentu sangat mendukung. Karena memang pihaknya sudah rutin menggelar kegiatan donor darah dalam tiga bulan sekali.

“Ini merupakan yang kedua kalinya kami melakukan kegiatan donor darah. Semoga saja kegiatan ini terus berlanjut sampai seterusnya,” jelas Hartono.

Dikatakan Hartono, memang kegiatan donor darah ini tidak sebanyak sebelumnya, karena tidak diikuti siswa kelas XII, tetapi dengan hasil yang didapatkan kemarin itu sudah cukup baik. “Karena setetes darah itu sangat berarti bagi masyarakat  yang membutuhkannya,” ungkapnya. (Dede Kurniawan)

Loading Komentar....