fajarnews

SMPN 2 Sumber Lepas 268 Siswa

Redaksi : Iwan Surya Permana | Rabu, 17 Mei 2017 | 11:00 WIB

Dede Kurniawan
Kepala SMPN 2 Sumber, Heri Purnama (kiri) menerima sungkeman dari siswa kelas 9 yang dilepasnya pada acara perpisahan di sekolahnya, Selasa (16/5).*

Fajarnews.com, CIREBON- Sedikitnya 268 siswa kelas 9 SMPN 2 Sumber, Kabupaten Cirebon secara resmi dilepas dalam acara perpisahan yang gelar secara sederhana di sekolahnya, Selasa (16/5).

Selain diikuti keluarga besar SMPN 2 Sumber, acara tersebut juga dihadiri Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H Ronianto.

Kepala SMPN 2 Sumber, Heri Purnama melalu Wakasek Bidang Kesiswaan, Moh Safii, mengatakan, pada tahun 2017 ini ada 268 siswa kelas 9 yang jadi peserta Ujian Nasional. Pihaknya optimis seluruh anak didiknya tersebut dapat memperoleh hasil yang maksimal.

“Untuk target sendiri kami menargetkan 60 persen anak didik kami melanjutkan ke SMA atau SMK negeri. Karena capaian pada tahun sebelumnya, anak didik kami yang melanjutkan ke SMA atau SMK negeri hanya 40 persen,” jelas Moh. Safii kepada fajarnews.com kemarin.

Dikatakan Safii, pada tahun sebelumnya hampir sebagian besar anak didiknya melanjutkan ke SMA dan SMK negeri yang ada di Kabupaten Cirebon. Sebagian lagi melanjutkan ke SMA dan SMK negeri di Kota Cirebon termasuk ada yang masuk ke SMAN 1, sedangkan 60 persen lainnya melanjutkan ke SMA dan SMK Swasta.

Sementara itu Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H Ronianto, mengatakan, di era globalisasi sekarang ini, wajib belajar 9 tahun atau tamatan SMP itu tidak cukup untuk bersaing dalam dunia kerja.

Sebab, dunia kerja lebih memilih lulusan setingkat SMA dibandingkan dengan lulusan SMP.

Untuk itu, Roni berpesan kepada siswa kelas 9 agar terus melanjutkan pendidikan, tidak hanya sampai tingkatan SMA, namun ke tingkat yang lebih tinggi yakni perguruan tinggi.

“Tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan sekolah, karena sekarang banyak sekali beasiswa yang diberikan kepada anak didik,” ujar Roni.

Roni juga berpesan kepada siswa kelas 9 untuk tetap menjaga almamater SMPN 2 Sumber dan terus berprestasi pada jenjang sekolah yang lebih tinggi. Jangan sampai pada saat melanjutkan sekolah justru prestasi belajarnya menurun.

“Untuk orang tua, terus didik dan awasi anak-anak kita. Jangan sampai terjerumus ke hal-hal yang tidak diinginkan, karena pengawasan orang tua itu paling utama jika dibandingkan dengan pengawasan guru di sekolah,” tandasnya. (Dede Kurniawan)

 

 

Loading Komentar....