fajarnews

SMP Negeri Wajib PPDB Online

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Kamis, 18 Mei 2017 | 11:00 WIB

Dede Kurniawan
KEPALA Bidang SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H Ronianto

Fajarnews.com, CIREBON- Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan terus dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu yang mendapat perhatian dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah pada saat proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, pada pelaksanaan PPDB tahun 2017 ini akan menerapkan sistim online kepada seluruh SMP Negeri yang ada di wilayahnya. Hal itu disampaikan Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H Ronianto saat ditemi “FC”, Rabu (17/5).

“Tahun ini untuk PPDB tingkat SMP kami akan mencoba menerapkan sistim PPDB online kepada semua SMP Negeri yang ada di Kabupaten Cirebon. Untuk itu kami sekarang tengah melakukan persiapan-persiapan khususnya persiapan teknis untuk mengatur PPDB online tersebut,” ujar Roni.

Dikatakan dia, penerapan PPDB online ini bertujuan untuk mempermudah para orang tua siswa dan juga calon peserta didik untuk mencari informasi terkait pendaftaran, pelaksanaan seleksi dan pengumuman di sekolah yang diminati. Selain itu juga, orang tua siswa dan siswa dapat melakukan akses pendaftaran dimanapun tanpa harus datang ke sekolah.

“Kami sendiri sekarang tengah memikirkan untuk calon peresta PPDB yang tidak bisa mengakses untuk diberikan ruang. Salah satunya adalah menyiapkan satu sekolah di setiap kecamatan yang nantinya akan dijadikan pusat informasi PPDB untuk SMP-SMP Negeri yang ada di kecamatan tersebut,” katanya.

Dijelaskan Roni, untuk pusat informasi PPDB online di tingkat kecamatan, akan ada fasilitas seperti computer dan jaringan internet. Nantinya untuk mempermudah guru SD atau orang tua calon siswa untuk bisa mengentri data yang diperlukan dalam rangka proses PPDB online tersebut.

“Pusat informasi yang ada di tingkat kecamatan ini juga diperuntukan untuk guru, orang tua siswa dan calon siswa yang mengalami kesulitan untuk memasukan data pada saat pelaksanaan PPDB online ini,” jelasnya.

Dengan PPDB online tersebut, Roni berharap, masyarakat bisa mengetahui kapasitas penerimaan siswa baru dan juga passing grade di sekolah yang akan dituju. Sehingga masyarakat nantinya mempunyai pilihan yang tepat untuk bisa menyekolahkan anaknya.

“Kami juga minta dukungan semua pihak, agar pelaksanaan PPDB online yang pertama di Kabupaten Cirebon untuk tingkat SMP Negeri ini bisa berjalan dengan lancar  dan tanpa kendala sedikitpun,” tandasnya. (Dede)

Loading Komentar....