fajarnews

Disdik Kota Cirebon Adakan Pemilihan Guru Berprestasi

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Jumat, 19 Mei 2017 | 11:00 WIB

Vian
Salah satu guru yang menjadi peserta, Agus Didi saat menjelaskan portopolionya.

Fajarnews.com, CIREBON- Dinas pendidikan (Disdik) Kota Cirebon mengadakan pemilihan guru dan tenaga pendidikan berprestasi serta olimpiade guru nasional (OGN) tingkat guru TK, SD dan SMP se Kota Cirebon yang bertempat di SMPN 18 Kota Cirebon, Jalan Pronggol No.19, Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Kamis (18/5).

Penanggungjawab Pelaksana Pemilihan Guru Berprestasi, Uned,mengungkapkan pemilihan guru dan tenaga pendidikan berprestasi serta OGN yang diadakan oleh Disdik Kota Cirebon ini meliputi delapan mata pelajaran.

Dengan jumlah peserta yang ikut berpartisipasi untuktingkat kepala SD ada 13 orang, guru SD 12 orang, kepala TK 5orang, guru TK 8orang, guru SMP 21orang, dan kepala SMP 8orang.

“OGN sudah dilaksanakan Sabtu (13/5) lalu. Perwakilan dari Kota Cirebon sudah diberangkatkan ke Bandung dan hari ini sedang melaksanakan tes untuk tingkat provinsi,” ungkap Uned, Kamis (18/5).

Untuk kegiatan guru berprestasi, kata Uned, dibagi menjadi dua tahap, untuk jenjang SMP sudah dilaksanakan pada Senin, (15/5) dan saat ini sedang berlangsung pelaksanaan untuk jenjang pemilihan guru berprestasi tingkat guru TK dan SD.

Tim penilaiterdiri dari para pengawas, baik itu pengawas SD maupun SMP dan itu berdasarkan petunjuk tekni (Juknis) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Nasional.

“Termasuk penilaiannya juga mengacu kepada Juknis yang ada.Untuk OGN, seleksinya secara tertulis dengan menjawab soal-soal. Untuk guru berprestasi, pertama tes tertulis, wawancara, penilaian portopolio. Untuk pengumuman guru berprestasi akan dilakukan pada  Senin, (22/5) karena menunggu hasil rapat dari tim penilai,” jelasnya.

Proses pengiriman dokumen portopolio, Uned membeberkan, hanya guru yang mendapatkan peringkat satu dari setiap jenjang sekolah. Pihaknya juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk dokumen yang dikirim bukan hanya portopolio saja, akan tetapi SK dan sertifikatnya sekaligus.

“Untuk pengiriman dokumen portopolio ke dinas pendidikan provinsi, kemungkinan dilakukan mulai besok (Jumat,-red). Berdasarkan surat yang kami terima, untuk seleksi tingkat provinsi dimulai dari tanggal 2 Juni di Bandung. Kami juga akan berusaha untuk mengeluarkan SK dari kepala dinas, karena itu akan menambah nilai,” bebernya.

Pemilihan guru berprestasi yang dilakukan di Kota Cirebon, menurut Uned berdasarkan petunjuk teknis (juknis) yang sudah dikeluarkan oleh pusat. Dan untuk pemilihan di tingkat provinsi akan diselenggarakan pada bulan Juni.

“Mungkin nanti secepatnya bisa kami kirim hasil dari pemilihan guru berprestasi ini ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Dia berharap, perwakilan dari Kota Cirebon baik itu OGN maupun guru berprestasi ada yang bisa masuk ke tingkat nasional untuk mewakili Provinsi Jawa Barat.

“Mudah-mudahan bisa berhasil seperti tahun sebelumnya,” pungkasnya. (Agus Didi)

Loading Komentar....