fajarnews

Jelang Harkitnas, Mahasiswa Unswagati Gelar Pekan Diksatrasia

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Sabtu, 20 Mei 2017 | 08:15 WIB

Agus Didi
Lomba membaca puisi turut meriahkan kegiatan pekan Diksatrasia yang digelar HMJ Pendidikan Sastra Bahasa Indonesia Unswagati, kemarin.

Fajarnews.com, CIREBON– Menjelang Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Sastra Bahasa Indonesia mengadakan Pekan Diksatrasia se-Kota Corebon di Aula Kampus II Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Jl. Perjuangan No.1, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jumat (19/05).

Menurut ketua pelaksana kegiatan, Dinar Nugraha, kegiatan tersebut sejarahnya untuk memperingati hari kelahiran Chairil Anwar yang jatuh pada bulan April. Akan tetapi, setelah berkembang beberapa periode hingga sekarang, kegiatan stersebut dibarengi juga untuk memperingati Harkitnas. “Kegiatan ini merupakan kegitan tahunan dan diadakan setiap bulan Mei. Sekaligus untuk menyambut peringatan Harkitnas,” ujarnya saat ditemui “FC”, kemarin.

Kegiatan tersebut, menurut Dinar, akan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, mulai Jumat hingga Sabtu (20/5). Untuk hari pertama, diisi dengan menggelar lomba membaca puisi dan membaca berita. “Jumlah peserta lomba puisi ada 15 orang dan untuk lomba membaca berita ada 15 orang juga. Jadi jumlah peserta seluruhnya ada 30 mahasiswa,” ujarnya.

Lebih lanjut Dinar menjelaskan, untuk lomba puisi mengambil tema keagamaan karena sedang mendekati bulan puasa dan juga diharapkan untuk dapat memberitahukan bahwa agama di Indonesia itu sendiri beragam. Untuk lomba berita, mengambil tema membaca berita membaca masyarakat.Tema tersebut diharapkan agar teman-teman mahasiswa tahu keadaan masyarakat Indonesia yang terjadi saat ini.

“Untuk juri dari dosen sastra Unswagati. Penilaian lomba membaca berita dilihat dari segi intonasi, jeda pelafalan, lancar atau tidak berbicaranya. Untuk lomba puisi dilihat juga dari segi ekspresi, penghayatan dan mengapresiasi isi dari puisinya, dan penampilannya. Juara ada 1, 2, 3 dengan hadiah yang ditawarkan yaitu uang pembinaan. Untuk pengumuman akan dilaksanakn hari Sabtu, sekaligus pelaksanaan acara seminar,” katanya.

Untuk pelaksanaan kegiatan hari Sabtu (20/5), kata Dinar diisi dengan seminar yang mengusung tema Penguatan Literasi. Seminar tersebut akan diisi oleh Joni Aryadinata, salah satu redaktur media di Indonesia.

“Dengan tema seminar tersebut diharapkan setelah selesai acara, para peserta seminar dapat membuat suatu tulisan. Harapan saya untuk seluruh rangkaian acaranya, untuk pekan Diksatrasia ini akan lebih baik lagi dari tahun ini. Agar lebih meriah lagi, lebih ramai dan peserta akan lebih banyak lagi,” tandasnya. (Agus Didi)

Loading Komentar....