fajarnews

Lagi, Uniku Berangkatkan Mahasiswanya ke Thailand

Redaksi : Andriyana | Rabu, 7 Juni 2017 | 23:09 WIB

SOPANDI
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Ilham Adhya (kiri) didampingi Kepala Kantor Humas Hukum dan Kerjasama Fahrus Zaman Fadhly memberikan arahan kepada mahasiswa

Fajarnews.com, KUNINGAN - Setelah mengirimkan Ari Khaerudin ke University Technology of Krungthep (UTK) Thailand, kali ini Uniku kembali memberangkatkan Yandi Eka Yuda, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dan Dede Sri Rahayu, mahasiswi manajemen, ke Prince of Songkla University (PSU) Thailand.

Pemberangkatan kedua mahasiswa sebagai realisasi program pertukaran mahasiswa itu, ditentukan dengan cara seleksi, tes tulis dan interview yang dilakukan Universitas Kuningan. Keduanya, berhasil dalam kompetisi itu dan akan berangkat ke Thailand Agustus sampai September tahun ini.

“Proses seleksi dilaksanakan untuk mencari dan mempersiapkan mahasiswa terbaik yang akan dikirimkan menjadi wakil Uniku. Dari lima yang ikut tes, mereka berdua yang berhasil,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Ilham Adhya,

Dia menyebutkan, selain melakukan pertukaran dengan perguruan tinggi di Thailand, pihaknya juga sedang menyiapkan program serupa dengan perguruan tinggi di Malaysia. Yaitu, pihaknya sedang menyiapkan seleksi mahasiswa untuk diberangkatkan ke Universitas Utara Malaysia (UUM).

“Selain dengan universitas di Thailand, kami juga kerjasama dengan universitas di Malaysia. Dalam waktu yang bersamaan akan ada mahasiswa kami yang berangkat ke sana. Tahap seleksinya sedang kami siapkan,” tuturnya.

PPL dan KN Internasional

Selain pertukaran mahasiswa, kerjasama Uniku dengan sejumlah perguruan tinggi di luar negeri juga berlaku dalam program Praktek Pendidikan Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Menurut Ilham, seperti halnya pertukaran mahasiswa, program PPL dan KKN Internasional juga akan diawali dengan seleksi terahadap mahasiswanya.

“Untuk program PPL dan KKN Internasional akan kami laksanakan dengan Thailand. Proses seleksi akan kami laksanakan setelah persiapan pertukaran mahasiswa ke UUM selesai,” tuturnya.

Dia berharap, terjalinnya kerjasama antar universitas atau perguruan tinggi di seluruh pelosok negara itu, baik dalam bentuk pertukaran pelajar maupun program lainnya, bisa mencetak mahasiswa yang kompetiitf dan berdaya saing.

Menurutnya, setiap program pertukaran mahasiswa dipastikan akan membuka wawasan baru dan luas sebagai siapapun mahasiswa yang mau menerima peluang tersebut.

“Semoga program ini bermanfaat dan diambut positif oleh semua pihak. Terutama mahasiswa harus bisa berlomba mendapatkan peluang ini,” pungkasnya.

SOPANDI

Loading Komentar....