fajarnews

Himahes IAIN Bumikan Ekonomi Islam ke Pedesaan

Redaksi : Andriyana | Minggu, 11 Juni 2017 | 22:42 WIB

HASAN
Salah satu acara dalam kegiatan HGTV di Desa Pasindangan yang dilakukan para mahasiswa IAIN Cirebon

Fajarnews.com, CIREBON - Himpunan Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (Himahes) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan yang bertajuk “Himahes goes to village (HGTV) 2017”. Kegiatan yang mengambil tema “Meraih keberkahan di bulan suci Ramadhan dengan menyiarkan ekonomi Islam serta peduli sesama” itu digelar di Masjid Nurul Khasanah Desa Pasindangan, Kecamatan Gunung, Jati Kabupaten Cirebon, Sabtu (10/6).

Ketua pelaksana HGTV 2017, Jajang Kartawijaya menjelaskan, HGTV merupakan salahsatu kegiatan Himahes. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan yang digelar di salah satu desa dan pada tahun ini digelar di Desa Pasindangan.

Dijelaskannya, dalam kegiatan HGTV ini memiliki target sebagai pesertanya di desa itu yakni kaum dhuafa dan anak yatim piatu. “Sebelum Himahes, itu ada Imeis. Kegiatan ini sebelumnya dijalankan Imeis, dan tahun ini adalah tahun pertama Himahes menggelar kegiatan HGTV,” jelasnya.

Untuk jenis-jenis kegiatan HGTV ini, kata dia, acara ini dilaksanakan selama satu hari yang dimulai pagi hari sampai waktu Salat Tarawih berjamaah. Kegitan pertama berupa seminar untuk masyarakat desa yakni sosialisasi tentang ekonomi Islam, pembagian sembako kepada kaum duafa, dilanjutkan acara untuk anak yatim yakni lomba-lomba dan dilanjut buka puasa bersama serta salat tarawih berjamaah.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kepedulian kepada masyarakat, dan intinya mensosialisasikan ekonomi Islam kepada masyarakat luas, seminar diisi oleh pemateri dari ketua jurusan ekonomi syariah, Juju Jumena dan alumni mahasiswa Syariah, Zusuf," jelasnya.

Dengan berlangsungnya kegiatan HGTV ini, ia berharap, masyarakat dapat mengetahui dan memahami tentang ekonomi menurut Islam, seperti hal yang terkecil yakni tata cara jual beli yang benar menurut ekonomi islam. “Intinya kami ingin masyarakat faham tentang ekonomi Islam,” tandasnya.

M.HASAN HIDAYAT

Loading Komentar....