fajarnews

PPDB Sistem Zonasi Momentum Perbaikan

Redaksi : Andriyana | Senin, 3 Juli 2017 | 07:00 WIB

Fajarnews.com, CIREBON - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMP dengan sistem zonasi akan dilaksanakan mulai hari ini (Senin) hingga akhir pekan. Dalam pelaksanaan tersebut, dewan akan mengawasi agar penerapan PPDB sesuai aturan yang berlaku. Ketua DPRD Kota Cirebon, Edi Suripno mengatakan, pihaknya akan melihat pendaftaran dan juga akan memantau pelaksanaan PPDB.

Menurutnya, PPDB kali ini berupaya untuk memperbaiki sistem PPDB sebelumnya sehingga pemerintah kota (Pemkot) Cirebon bisa menjadikan momentum untuk perbaikan. “Saya kira masyarakat tak perlu panik, karena kita akan fair. Saya kira semua sekolah sama tidak ada yang favorit, tinggal mau bagaimana masyarakat memilihnya,” kata Edi Suripno kepada awak media belum lama ini.

Terkait zonasi, Edi mengatakan bahwa aturan tersebut tidak ada masalah tinggal nanti dievaluasi. Sebab, memang dulu membangun sekolah itu tak terpikir dibangun sekolah setiap kelurahan/kecamatan harus ada, dan dibagi sedemikian rupa. “Kalau mau diatur, sebetulnya warga kota itu SD dan SMP sudah cukup. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir tak kebagian tempat,” tuturnya.

Soal sekolah favorit, Edi mengungkapkan bahwa masyarakat-lah yang melabelkan sekolah favorit dan masyarakat ingin menyekolahkan anaknya di tempat tertentu. Padahal, semua sekolah sama dan mempunyai ruang belajar yang sama pula.
Saat disinggung soal titip-menitip, kata dia, pihaknya akan mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan PPDB.

“Niatnya kita akan baik-baik saja tapi kita akan evaluasi minimal PPDB ini dijadikan momentum perubahan yang lebih baik,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Edi, nanti para anggota yang berada di Komisi III akan mengevaluasi dan menyerap keluhan masyarakat seperti apa. Sehingga warga kota tak perlu khawatir, dan dirinya menjamin masyarakat agar sekolah di tempat yang terdekat. “Saya kira Pemkot Cirebon memberikan kemudahan untuk sekolah yang terdekat," pungkasnya.

WINARNO

Loading Komentar....