fajarnews

SMAN 6 Kota Cirebon Hanya Terima 216 Siswa dari 665 Pendaftar

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 15 Juli 2017 | 08:05 WIB

Vian
Wakasek bagian Kesiswaan SMAN 6 Kota Cirebon, Ayi Subhan seusai menunjukan lapangan sekolah yang baru diperindah.*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah berakhir.Beberapa sekolah mulai sibuk menyiapkan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), begitu juga halnya dengan SMAN 6 Kota Cirebon.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bagian Kesiswaan SMAN 6 Cirebon, Ayi Subhan mengatakan, persiapan penyelenggaraan MPLS sudah dilakukan sejak lama. Sampai saat ini kesiapan penyelenggaraan kegiatan sudah mencapai 100 persen.

Untuk pemateri, kata Ayi, selain para guru, pihaknya juga melibatkan pemateri dari luar yaitu kepolisian. Semua materi yang akan disampaikan itu sesuai dengan apa yang diintruksikan dari provinsi.

“Ada beberapa materi yang memang dikhususkan, seperti ramah anak, etika pergaulan, keluarga sadar hukum, tata tertib lalulintas, budaya literasi dan ada juga materi tentang peraturan Provinsi Jawa Barat. Salah satu alasannya agar siswa itu paham bahwa SMA itu sekarang diatur langsung oleh Provinsi Jawa Barat,” katanya kepada fajarnews.com, Kamis (13/7).

MPLS ini, kata Ayi, sesuai dengan arahannya akan dilaksanakan selama tiga hari.Untuk polanya sendiri, pada tanggal 17-18 itu MPLS dan tanggal 20 itu penyelenggaraan Expo yang mana itu merupakan ajang pengenalan ekskul-ekskul yang ada di SMAN 6 Cirebon kepada siswa-siswa baru.

Selain membuka stand Expo, lanjut Ayi, mereka akan melakukan menampilkan kreativitas mereka dengan durasi yang sudah ditentukan oleh panitia.

Di dalam kegiatan MPLS ini, pihak sekolah menitik beratkan bahwa pelaksanaannya harus sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat dan provinsi Jawa Barat.

“Penyesuaian itu seperti tidak adanya perpeloncoan, tidak membawa barang-barang yang tidak dibutuhkan. Jadi pada prinsipnya adalah kita memperkenalkan potensi-potensi yang ada di SMAN 6 Cirebon, termasuk pengenalan struktur organisasi sekolah yang dicantumkan di dalam buku pegangan siswa saat MPLS,” katanya.

Sesuai harapan Kepala Sekolah SMAN 6 Cirebon ibu Hj Ety Nul Rochaeni, kata Ayi, bahwa siswa baru harus diberikan motivasi dan sugesti yang baik ketika mereka datang ke SMAN 6 Cirebon.Tentunya para siswa itu sudah berjuang maksimal untuk bisa diterima di SMA 6 Cirebon ini.

“Oleh sebab itu, kami melakukan perbaikan fasilitas dan memperindah sarana prasarana pendidikan di SMAN 6 Cirebon ini,seperti mengecat ulang lapangan olahraga. Kami ingin menyambut mereka dengan memberikan motivasi yang baik untuk ke depannya, kami ingin mereka merasa nyaman dan segar ketika memasuki area sekolah ini,” katanya.

Perlu diketahui juga, kata Ayi, bahwa calon siswa yang mendaftar di SMAN 6 Cirebon ini merupakan yang paling banyak dibanding dengan sekolah lainnya. Peserta yang mendaftar ke SMAN 6 Kota Cirebonsebanyak 665 orang dan pihak sekolah hanya menerima 216 siswa.

Bagi sekolah, kata Ayi, itu merupakan apresiasi yang luar biasa.Semua raihan itu tidak terlepas dari kualitas kepemimpinan kepala sekolah SMAN 6 ibu Hj Ety yang terus menerus melakukan terobosan dan menuangkan pemikiran-pemikiran untuk membuat SMAN 6 Cirebon ini menjadi lebih baik. (Vian)

 

 

 

Loading Komentar....