fajarnews

Wujudkan Sekolah Sebagai Rumah Kedua

Redaksi : Andriyana | Senin, 17 Juli 2017 | 23:46 WIB

Dede
Kepala SMAN 1 Gegesik, H Hartono menyematkan tanda sebagai dimulainya kegiatan MPLS di SMAN 1 Gegesik, Senin (17/7)

Fajarnews.com, CIREBON - Sedikitnya 324 siswa baru mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 1 Gegesik, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Senin (17/7).

Kegiatan MPLS ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Beberapa hal yang diperkenalkan antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.

Kemudian mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya, menumbuhkan perilaku positif yakni kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong-royong.

Kepala SMAN 1 Gegesik, H Hartono melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Asep Priatna mengatakan, kalau melihat tujuan dari MPLS ini sangat penting peran MPLS baik bagi sekolah maupun bagi siswa itu sendiri.

“Bagi sekolah dapat mengenali karakteristik peserta didik secara individual dan bagi siswa dapat mengenal situasi baru di sekolah baru yang pada gilirannya mampu melakukan penyesuaian akademis sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Untuk itu, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat berketetapan untuk mengagendakan MPLS sebagai agenda penting yang harus dilaksanakan oleh sekolah,” ujar Asep saat ditemui fajarnews.com, di ruang kerjanya.

Dikatakan Asep, untuk mewujudkan sekolah sebagai rumah kedua, ada tiga hal yang harus dijaga oleh seluruh peserta didik baru. Yaitu menjaga tutur kata yang baik dalam berkomunikasi, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, serta menumbuhkan percaya diri yang tinggi untuk mencapai cita-cita.

“Semangat melestarikan budaya lingkungan sekolah diharapkan dapat diserap oleh peserta didik baru SMAN 1 Gegesik sehingga tumbuh rasa sekolah adalah sebagai rumah kedua yang nyaman,” ujarnya.

Ditambahkan Asep, untuk menyempurkana kegiatan MPLS ini, pihaknya bekerjasama dengan pihak kepolisan dari Polsek Gegesik dan juga pihak TNI dari Koramil Gegesik, untuk dapat membantu pihaknya dalam menanamkan nilai-nilai kamtibmas dan patriotism.

“Kami berharap setelah melaksanakan MPLS ini siswa dapat cepat bersosialisasi dan dapat berprestasi, baik di tingkat sekolah maupun di tingkat daerah, sehingga benar-benar bisa menjadi kebanggaan sekolah dan orang tuanya,” tandasnya.

DEDE KURNIAWAN

Loading Komentar....