fajarnews

Dongkrak Minat Baca, Pemuda Karanganyar Dirikan Perpustakaan Masyarakat

Redaksi : Andriyana | Minggu, 6 Agustus 2017 | 22:40 WIB

AGUS DIDI
Anak-anak warga Desa Karanganyar, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon membaca buku di Sekar Pustaka Karanganyar yang dibentuk para pemuda desa setempat

Fajarnews.com, CIREBON - Dongkrak minat baca masyarakat, para pemuda Desa Karanganyar, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon berinisiatif membuat perpustakaan masyarakat. Perpustakaan tersebut kemudian diberi nama Sekar Pustaka Karanganyar.

Salahseorang pemuda setempat, Taufiq Amin menuturkan, bahwa niat para pemuda untuk mendirikan perpustakaan tersebut sebenarnya sudah sejak lama. Namun, setelah berunding begitu lama berasama dengan pemuda lainnya, perpustakaan tersebut baru terwujud Jumat (4/8) lalu.

“Awalnya kami bersilaturahmi ke kawan pejuang literasi di Cirebon, seperti Pedati Pustaka Bayalangu, Pustaka Menyambut Fajar Palimanan, dan lainnya untuk meminta sumbangan buku yang akan dilapak. Setelah kami rasa stok buku cukup dari hasil donasi teman-teman dan buku milik pribadi, akhirnya kami memutuskan untuk membuka perpustakaan,” ujar Taufiq kepada fajarnews.com, Minggu (6/8).

Menurut Taufiq, perpustakaan tersebut dibuat karena minat baca masyarakat di Cirebon dinilai masih kurang, terlebih lagi minat baca di desanya itu. Dari situ kemudian ia bersama dengan pemuda lain bergegas untuk melakukan rembuk dan positif untuk membuka perpustakaan.

“Rencana kami akan buka perpustakaan itu di halaman Balai Desa Karanganyar, modelnya lapak, lesehan. Untuk waktunya, kedepan akan kita lakukan setiap hari Jumat sore, sekitar pukul satu sampai lima sore. Dan ini gratis bagi siapa saja yang ingin membacanya, silahkan dating,” kata Taufiq.

Buku dalam perpustakaan tersebut, kata Taufiq, mendapatkan bantuan dari pemuda seperti dari Komunitas BPKel OI Kaum Urbanis dan santri yang ada di Desa Karanganyar. Kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dari Kepala Desa Karanganyar.

Sementara itu Kepala Desa Karanganyar, M Yakub mengatakan, dirinya bersama dengan jajaran pemerintah desa sangat mensupport kegiatan para pemuda. Oleh karena itu, pihaknya mengizinkan halaman balai desa untuk dijadikan sebagai tempat perpustakaan.

“Kami dari perangkat desa sangat senang atas inisiatif pemuda yang membuka perpustakaan ini. Harapannya dengan adanya Sekar Pustaka masyarakat bisa lebih terbiasa untuk membaca. Terutama menanamkan minat baca bagi anak-anak agar kelak menjadi generasi penerus bangsa,” tandasnya.

AGUS DIDI

Loading Komentar....