fajarnews

SMPN 7 Kota Cirebon Sediakan Wadah Pengembangan Bakat Siswa

Redaksi : Andriyana | Senin, 14 Agustus 2017 | 23:10 WIB

Fajarnews.com, CIREBON - SMPN 7 Kota Cirebon berupaya mendorong para siswanya untuk meraih prestasi sesuai minat dan bakatnya. Salahsatu gebrakan SMPN 7 untuk membuat anak didiknya berprestasi, yaitu dengan menyediakan kelas khusus sebagai persiapan siswa ikuti Olimpiade Siswa Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Humas SMPN 7 Kota Cirebon, Dewi Yoni Setyorini mengatakan, tiga kompetisi tersebut merupakan ajang resmi dari pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud RI yang menangani. Sehingga pihaknya menyiapkan jauh-jauh hari sebelum kompetisi digelar, sehingga siswa bisa memiliki peluang yang cukup besar dalam meraih prestasi tersebut.

“Kami mencetak siswa berprestasi disesuaikan dengan minat dan bakat masing-masing siswa. Sekolah akan menanyakan senangnya apa, nanti kami sediakan gurunya, baik akademik, olahraga ataupun seni,” kata Yoni, panggilan akrabnya kepada fajarnews.com, Senin (14/8).

Untuk mengembangkan minat dan bakat siswa tersebut, kata dia, sekolah menyediakan kelas khusus untuk pembelajaran dan latihan bakatnya yang dilaksanakan setiap pulang sekolah.

“OSN-kan hanya ada Matematika, IPS dan IPA. Sedangkan FLS2N ada lomba bahasa Indonesia, seni, bahasa Inggris, termasuk olahraga. Jadi para siswa tinggal memilih saja, dan sekolah akan memfasilitasinya,” ujarnya.

Setelah diberikan kebebasan prestasi mana yang akan diraih, lanjut dia, maka pihaknya akan memanggil guru yang berkompeten di bidangnya untuk membina dan menyeleksi siswa untuk mengikuti setiap kompetisi. “Seleksi ini untuk memilih dan mengukur siswa mana yang memiliki bakat yang paling menonjol. Setelah dipilih, nantinya mereka akan dibina lebih rutin lagi sebelum dikirimkan ke setiap lomba,” tuturnya.

Ia menyebutkan, pengembangan minat dan bakat siswa tersebut merupakan tugas sekolah dengan catatan orangtua pun harus turut serta mendorongnya agar siswa itu meraih hasil yang maksimal.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk meningkatkan mutu, dan kualitas pendidikan serta karakter siswa, SMPN 7 pun berencana akan menerapkan sekolah lima hari. Sehingga para siswa akan fokus berada di sekolah guna meningkatkan minat dan bakatnya.

“Tak kalah penting juga support dari orangtua. Jangan sampai orangtua acuh tak acuh kepada perkembangan anaknya, tapi orangtua harus memperhatikannya,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Kepala SMPN 7 Kota Cirebon, Ani Rusnaeni. Dia menyampaikan, dengan menyediakan kelas khusus pengembangan minat dan bakat siswa, dirinya berharap anak didiknya tersebut bisa sukses sesuai kemampuan dan keahliannya masing-masing.

“Baik bidang pendidikan dan pengetahuan serta talenta. Apakah ahli bidang olahraga, permainan, religi seperti mengaji, MTQ, hadroh, rebana dan lain sebagainya, karena sekolah hanya memfasilitasi agar anak tersebut meraih prestasi sesuai kemampuan anak tersebut,” tandasnya.

WINARNO

Loading Komentar....