fajarnews

Mahasiswa Uniku Tingkatkan Nilai Ekonomis Tanaman Jagung

Redaksi : Andriyana | Selasa, 15 Agustus 2017 | 23:56 WIB

ABR
Mahasiswa Uniku yang melakukan KKN di Desai Sukamenak,Kecamatan Bantarujeg usai melakukan kegiatan bimbingan kepada masyarakat

Fajarnews.com, CIREBON - Mahasiswa Universitas Kuningan (UNIKU) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sukamenak, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka melakukan bimbingan kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan nilai ekonomis hasil pertanian, khususnya jagung dengan mengolahnya menjadi keripik jagung. Sedangkan limbah jagung dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan.  

Ketua kelompok 11 KKN Uniku, Iwan Kurniawan mengatakan, Desa Sukamenak merupakan salah satu produsen jagung terbesar di Majalengka. Oleh karena itu, pihaknya tidak menyia-nyiakan potensi tersebut untuk kemudian diolah menjadi bahan makanan yang lebih ekonomis dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disana.

“Selain mengolah jagung jadi kripik, kami juga olah limbahnya menjadi kerajinan tangan. Ide ini merupakan program unggulan kelompok kami, yang sudah dirancang jauh-jauh hari, usai survei lapangan sebelum KKN di mulai,” tutur Iwan didampingi wakilnya, Jemmi Imam. Usai workshop pembuatan keripik jagung di balai desa setempat, Selasa (15/8).

Dikatakan Iwan, kelompoknya juga membantu dalam hal distribusi penjualan melalui berbagai cara, diantaranya terjun langsung kelapangan dan promosi melalui jejaring media sosial. Untuk harga keripik persatuan (Pack) Rp 5000. Sementara kerajinan tangan dijual dengan harga variatif mulai dari Rp 15.000-30.000.

“Saya harap usai KKN ini masyarakat dapat melanjutkan inovasi jagung ini. Sementara untuk saat ini, para petani jagung juga menjual jagungnya dalam bentuk jagung pipilan dengan harga Rp 5000/kg,” ujar Iwan.  

Kepala Desa Sukamenak, Asep Sonjaya mengaku bangga dengan mahasiswa yang berhasil mengolah potensi desa menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan benilai ekonomis tinggi.“Kreatifitas memang harus tumbuh di generasi muda sekarang, agar inovasi dan gagasan untuk negeri menjadi lebih maju dapa terwujud. Anak KKN Uniku sudah membuktikan hal itu,” ucapnya. (ABR)

Loading Komentar....