fajarnews

Peringati HUT RI, SMAN 6 Kota Cirebon Gelar Jalan dan Sepeda Sehat

Redaksi : Andriyana | Jumat, 18 Agustus 2017 | 16:11 WIB

WINARNO
KEPALA SMAN 6 Kota Cirebon, Hj Ety Nur Rochaeni melepas peserta jalan dan sepeda sehat yang diikuti semua civitas akademika SMAN 6 Kota Cirebon, Rabu (16/8).

Fajarnews.com, CIREBON - Seluruh siswa/siswi, guru dan petugas Tata Usaha (TU) SMAN 6 Kota Cirebon mengikuti jalan dan sepeda sehat dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-72, Rabu (16/8). Rute jalan dan sepeda sehat dimulai dari SMAN 6 di Jalan Wahidin melalui Jalan Kartini, Siliwangi, Krucuk, dan kembali lagi ke SMAN 6.

Kepala SMAN 6 Kota Cirebon, Hj Ety Nur Rochaeni mengatakan, ada sekitar 1300-an siswa, ditambah 98 guru dan petugas TU telah mengikuti jalan dan sepeda sehat. Namun yang ikut sepeda sehat sekitar 300-an, dan sisanya semua mengikuti jalan sehat dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72, dan beberapa kegiatan lainnya, baik lomba ataupun bakti sosial.

“Kita memberikan tugas kepada semua siswa untuk merangkum kegiatan sekarang dan nanti akan dikasih hadiah untuk karya yang bagus,” kata Ety, panggilan akrabnya saat ditemui fajarnews.com di tengah lomba-lomba yang digelar di lapangan basket SMAN 6 Kota Cirebon, Rabu (16/8).

Ia menjelaskan, sebelumnya siswa telah mengadakan baksos dengan menyumbangkan darahnya dan ada sekitar 80 labu darah yang terkumpul pada Selasa kemarin. Selain itu Kamis kemarin, SMAN 6 telah mengadakan upacara bendera, sekaligus penyerahan juara lomba. 

“Terakhir akan menyumbangkan paket sembako kepada orang tak mampu dan panti jompo di lingkungan sekitar sekolah,” ucapnya.

Ia menyebutkan, peringatan HUT RI ke-72 ini tak hanya euforia atau sekadar mengadakan kegiatan perlombaan, namun sekolah ingin mendidik karakter siswa/siswi agar lebih mencintai tanah air. Karena kemerdekaan ini tak diraih dengan berdiam diri, tapi ada perjuangan keras dari para pendahulu.

Untuk itu, Ety ingin menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada siswa/siswi dan berharap lulusan SMAN 6 bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik. “Siswa/siswi ini kan nantinya sebagai penerus bangsa Indonesia kedepannya. Sehingga diperlukan penanaman nilai nasionalisme kepada mereka agar mereka terus mencintai Indonesia,” ucapnya.

Dalam peringatan HUT RI ini, lanjut dia, SMAN 6 menggelar tiga hal kegiatan, yaitu kemanusiaan dengan donor darah dan bakti sosial. Nasionalisme dengan adakan upacara bendera, dan terakhir menanamkan sifat kebersamaan dan gotong-royong melalui lomba-lomba. 

“Semua kegiatan ini dalam rangka mendidik karakter peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, persaudaraan, kemanusiaan dan kebersamaan,” imbuhnya.

Senada, pembina OSIS SMAN 6 Kota Cirebon, Eka Novianto menambahkan, kegiatan lomba terdiri dari lomba orasi, estafet kelereng dan sarung serta lomba memasukan paku ke dalam botol oleh delapan orang.

Lebih lanjut lagi kata dia, pada hari 17 Agustus SMAN 6 akan mengadakan upacara bendera dan doa bersama. Setelah itu akan diadakan pula baksos ke tiga titik, yaitu panti asuhan, panti jompo dan warga sekitar.

“Ada 200 paket sembako yang akan dibagikan ketiga titik tersebut dan berharap para siswa memiliki kepedulian kepada warga atau ormas yang tak mampu,” tandasnya.

WINARNO

Loading Komentar....