fajarnews

Mahasiswa Unswagati Juara Stocklab Competition Tingkat Nasional

Redaksi : Andriyana | Jumat, 25 Agustus 2017 | 15:21 WIB

WINARNO
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unswagati Cirebon, Rian Herdiana (kedua kiri) berhasil sebagai pemenang Stocklab Competition yang digelar BEI dan OJK, Selasa (22/8)

Fajarnews.com, CIREBON - Mahasiswa semester tujuh Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon yakni Rian Herdiana berhasil menjadi juara pertama Stocklab Competition yang digelar Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2017, Selasa (22/8).

Dengan kemampuan yang dimilikinya, Rian menyisihkan seluruh peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Atas keberhasilannya tersebut, Rian mendapatkan voucher rekening efek sebesar 10 juta rupiah.

Rian menginginkan agar investor ritel pasar modal di Indonesia, khususnya domestik semakin meningkat. Namun sayangnya karena kurangnya pengetahuan tentang pasar modal sehingga membuat peminat di bidang tersebut terbilang masih saja sedikit.

“Saya ingin jadi investor pasar modal Indonesia, karena jangan sampai kita di negara sendiri tapi investornya banyak dari orang luar,” kata Rian melalui pesan tertulis yang diterima fajarnews.com, Kamis (24/8).

Ia menerangkan, dirinya memulai trading secara online itu melalui Galeri Investasi dari MNC Sekuritas yang bekerjasama dengan BEI. Bahkan Rian tergabung dalam komunitas tersebut yang setiap harinya komunitas itu rutin membahas tentang pasar modal.

“Di kampus sudah melakukan investasi, yaitu di saham portofolio. Kemudian ada tim dari MNC Sekuritas, kami dikasih masukan kira-kira saham apa yang bagus untuk hari ini, lalu kami diskusi bareng,” ucapnya.

Ia juga menyatakan, pemahaman soal pasar modal di kampus Unswagati Cirebon hanya berasal dari kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi saja. Sedangkan di fakultas lainnya sama sekali tidak mengenal apa itu pasar modal.

Melihat hal tersebut, Rian bersama dengan rekan komunitas galeri pasar modalnya berencana untuk melakukan sosialisasi ke fakultas lain. Hal itu untuk mengenalkan pasar modal yang selama ini sosialisasi hanya dilakukan di lingkungan fakultas ekonomi.

“Awal mula ikut pasar modal saya hanya bermodal Rp 100 ribu. Dari modal tersebut kini saya sudah mengantongi return sebesar dua juta rupiah,” ucap pria yang menekuni investasi tersebut sejak duduk di semester empat.

Trading saham sepertinya sudah menjadi candu bagi Rian, terbukti dengan usahanya untuk selalu menambahkan modal tiap bulannya untuk tambahan berinvestasi. Ditambah lagi dengan hadiah yang diterimanya saat memenangkan kompetisi.

“Pas sudah buka akun tiap bulannya saya tambah sebulan itu minimal Rp200 ribu. Kemarin kebetulan habis dapat hadiah juga menang di Jawa Barat Rp1 juta. Jadi saya tambahin ke sana jadi sekarang sudah hampir Rp 2 jutaan lah,” terangnya.

Setelah memenangkan Stocklab Competition ini, Rian berharap ke depan dapat berbagi dengan teman-teman di kampusnya mengenai pasar modal. Sehingga ia memiliki kontribusi dalam menambah jumlah investor Indonesia. 

“Dengan sosialisasi ke berbagai fakultas itu, semoga mahasiswa/mahasiswi tertarik untuk turut serta ikut investasi di pasar modal,” ucapnya.

Sementara itu Rektor Unswagati Cirebon, H Rochanda Wiradinata melalui Kepala Biro Kerjasama dan Humas Unswagati, Siti Khumayah mengaku senang dan bangga melihat mahasiswa Unswagati berhasil meraih juara pertama pada kompetisi tingkat nasional tersebut.

Atas raihan prestasi tersebut, diharapkan bisa memotivasi mahasiswa/mahasiswi Unswagati Cirebon untuk meraih prestasi. Bukan hanya di bidang ekonomi saja, bisa saja dari bidang lainnya sesuai bakat dan kemampuan masing-masing.

“Kami apresiasi kepada Rian karena telah membawa nama Unswagati di kancah nasional. Semoga prestasi ini bisa ditularkan ke mahasiswa lainnya,” tandasnya.

WINARNO

Loading Komentar....