fajarnews

Mahasiswa KKN Unswagati Aplikasikan Ilmu di Masyarakat

Redaksi : Andriyana | Rabu, 30 Agustus 2017 | 01:02 WIB

Ist
Kelompok mahasiswa KKN Desa Gegesik Lor foto bersama dengan pembimbingnya, Anna Suzana, SE.MM (tengah) di depan poskonya

Fajarnews.com, CIREBON - Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa merupakan ujian pertama untuk mengamalkan ilmunya secara langsung di masyarakat sebelum resmi menjadi sarjana. Hal itu juga yang dilakukan para mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon yang sedang melaksanakan KKN di Desa Gegesik Lor, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon.

Dosen pembimbing KKN Mahasiswa Unswagati Cirebon yang ditempatkan di Desa Gegesik Lor, Anna Suzana, SE. MM didampingi Dr Alfandi, Ir, M.Si mengatakan, KKN yang dilaksanakan para mahasiswa merupakan salahsatu upaya dalam mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi. Para mahasiswa sebelum lulus jadi sarjana, mereka terlebih dulu dilatih untuk mengamalkan ilmunya secara langsung di masyarakat.

“Setelah menimba ilmu pengetahuan di kampus, para mahasiswa ini terlebih dulu harus melakukan KKN di tempat yang telah ditentukan dengan tujuan agar mereka berlatih mengamalkan ilmunya langsung di masyarakat. Sebab, setelah mereka lulus jadi sarjana sudah pasti akan kembali ke masyarakat dan harus benar-benar siap mengamalkan ilmunya yang diperoleh dari bangku kuliah,” jelas Anna Suzana saat berbincang dengan fajarnews.com melalui sambungan telpon belum lama ini.

Dikatakan Anna, garapan para mahasiswa dalam melaksanakan KKN meliputi bidang pendidikan yang pengamalannya meliputi kegiatan belajar mengajar di TK, SD dan TPQ di lembaga pendidikan yang ada di desa. Kemudian memberikan bimbingan belajar yang dilaksanakan di posko KKN dan melaksanakan sosialisasi tentang cara mencuci tangan dan gosok gigi yang benar di SD.

Kemudian kata mantan Komisioner KPU Kabupaten Cirebon ini, bidang ekonomi yang meliputi sosialisasi dan pembuatan produk yang dilakukan bersama ibu-ibu di Blok V Tengah Desa Gegesik Lor. Selain itu juga memberikan pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat yang mempunyai usaha.

Selanjutnya sambung Anna, untuk bidang pertanian dan lingkungan, para mahasiswa melakukan kerja bakti membersihkan musala, menanam tanaman hias di SD dan penanaman TOGA di lingkungan sekitar. Selain itu juga yang masih dalam proses yakni pembuatan dan penempatan tempat sampah di setiap blok, SD, TK, TPQ dan musala.

Untuk bidang sosial budaya dan pemerintahan, tambah Anna, para mahasiswa KKN memprogramkan untuk membuat struktur organisasi desa yang saat ini masih dalam proses penjajagan. Selain itu juga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, para mahasiswa KKN juga melakukan senam setiap minggu pagi.

WINARNO

Loading Komentar....