fajarnews

Ratusan Mahasiswa Belajar Dasar Kepemimpinan

Redaksi : Andriyana | Senin, 11 September 2017 | 01:20 WIB

WINARNO
Walikota Bandung, Ridwan Kamil tengah menyampaikan materi soal pramuka pada kuliah umum ONDGP di ICC IAIN SNJ Cirebon, Minggu (10/9).

Fajarnews.com, CIREBON - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati (SNJ) Cirebon menggelar Orientasi Nilai-nilai Dasar Gerakan Pramuka (ONDGP) yang berlangsung di aula kampus setempat, Minggu (10/9). Dalam kegiatan ONDGP kali ini IAIN SNJ menghadirkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Wakil Rektor III IAIN SNJ, H Farihin Nur mengatakan, ONDGP merupakan salahsatu agenda strategis bagi mahasiswa untuk belajar dasar-dasar kepeminpinan. Menurutnya, semua peserta ONDGP diharapkan menjadi pionir gerakan mahasiswa yang kritis dan berani.

“Diharapkan melalui ONDGP mahasiswa baru ini mampu menerapkan nilai-nilai kepramukaan. Karena Pramuka bagian dari UKM yang tujuannya mendidik mahasiswa supaya berkripribadian yang baik,” kata Farihin kepada awak media singkat.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil yang memberikan motivasi ratusan anggota baru Pramuka pada kuliah umum tersebut menyampaikan, Pramuka merupakan basis organisasi pencetak generasi tangguh berperan penting dalam membentuk karakter anggota.

“Anggota baru Pramuka IAIN dituntut untuk banyak terus belajar dan tidak mudah menyerah,”  pinta Kang Emil, panggilan akrabnya.

Pramuka kata Emil, punya peran penting dalam mencetak generasi tangguh. Di semua institusi pendidikan, Pramuka menjadi garda depan pendidikan karakter bagi siswa sehingga dengan ikut Pramuka diharapkan mahasiswa baru IAIN punya karakter sesuai dengan Dasa Darma Pramuka.

“Kepemimpinan itu ada. Pemimpin masyarakat, pemimpin keluarga dan pemimpin diri sendiri,” tuturnya.

Menjadi pemimpin, kata dia, tidak harus dari kalangan berduit. Pasalnya, di zaman sekarang banyak pemimpin yang berhasil justru berasal dari masyarakat biasa. “Tekad yang kuat untuk terus belajar menjadi salahsatu yang dibutuhkan,”  tandasnya.

WINARNO

Loading Komentar....